Sabtu, 19 Agustus 2017

Darkness Calls

(Terjemahan bahasa Indonesia oleh Ryururiver)


Penulis naskah : Mike Mignola
Ilustrator : Duncan Fegredo dengan Mike Mignola
Penata warna : Dave Stewart
Penata tulisan : Clem Robins
Editor : Scott Allie
Pertama kali dipublikasikan dalam : Hellboy : Darkness Calls #1-6
Penomoran Internal : Hellboy #27-32
Tanggal Publikasi : Mei - November 2007
Dimuat dalam : Hellboy - Volume 8 : Darkness Calls
Edisi Pustaka : Hellboy - Volume 5


Hecate terjebak, dan para penyihir mencari penguasa baru, dan mereka menginginkan Hellboy sebagai raja mereka. Hellboy menolak, lalu ia dijebak dalam sebuah dunia mitos Rusia yang dikuasai oleh Baba Yaga. Ia dipaksa untuk menghadapi pelayan Baba Yaga sebelum ia bisa melarikan diri. Sementara itu, para penyihir meneruskan pencarian mereka pada seorang penguasa baru, menyiapkan panggung untuk hal baru yang akan datang.


Sejarah Publikasi


Darkness Calls
dipublikasikan sebagai enam edisi serial mini pada bulan Mei hingga November 2007. Kedua edisi #1 dan #2 dipublikasikan bersama di bulan Mei, meskipun #1 sebenarnya memiliki jadwal bulan April di covernya. Serial ini disiapkan untuk diterbitkan setiap bulan, namun edisi #6 terlambat diterbitkan, yaitu pada tanggal 7 November. Cerita ini dimuat bersama dengan dua epilog baru dalam Hellboy : vol.8 Darkness Calls di bulan Mei 2008. Yang pertama digambar oleh Duncan Fegredo, yang kedua oleh Mike Mignola. Pada awalnya Darkness Calls akan digambar oleh Lee Bermejo. Meskipun edisi pertamanya telah selesai digambar, pada akhirnya diputuskan untuk tidak menggunakan Bermejo untuk cerita ini. Beberapa gambar juga telah diterbitkan, termasuk halaman berwarna dalam Hellmail of The Island #1.

Sinopsis

Bagian Satu

Di sebuah ruangan bawah tanah di Italia, Igor Bromhead bernyanyi sambil mengitari sebuah tong berisi darah, memanggil Dewi Hecate. Hecate muncul dan Bromhead berhasil menjerat dan mengikatnya menggunakan nama rahasianya, Ilsa Haupstein. Hecate sangat terkejut karena Bromhead mengetahui namanya. Bromhead lalu mengungkapkan bahwa Hecate telah dikhianati oleh kekasihnya, Vladimir Giurescu, yang kerangkanya tersimpan di ruang bawah tanah tersebut.

Di Inggris, tiga penyihir berdiri di dalam sebuah lingkaran batu tinggi. Salah satu penyihir baru saja kembali dari Kastil Giurescu di mana ia memperoleh dua dari tanduk Hellboy yang patah (dapat dilihat dalam Wake the Devil). Mereka lalu mengukir salah satunya menjadi gambar Hellboy dan menggunakannya untuk memanggil Hellboy.

Pada saat yang sama, di Inggris, Hellboy telah tinggal bersama teman lamanya, Harry Middleton selama sebulan terakhir. Hellboy lalu memutuskan untuk berjalan-jalan sebentar. Beberapa kucing mengikutinya saat ia memasuki hutan.

Tiga orang, dua lelaki dan seorang wanita menghampiri Hellboy. Mereka mengatakan padanya bahwa di tempat ini, Henry Hood, seorang pemburu penyihir di tahun 1640-an, menggantung tiga wanita. Hood mengalami akhir yang buruk, matanya dibakar habis dengan koin tembaga dan ia dikubur hidup-hidup di dalam sebuah kuburan yang tak ditandai.

Cerita lalu berpindah ke masa lalu, yaitu di masa Hood menggantung ketiga wanita. Salah satu wanita mengutuk Hood dengan napas terakhirnya, agar Hood tak menemukan kedamaian di kehidupan ini maupun kehidupan selanjutnya. Ketiga pengembara lalu pergi ke kuburan para wanita penyihir itu dan menaburkan ramuan di atasnya, untuk menghidupkan mereka kembali. Mereka lalu mengatakan pada Hellboy bahwa akan ada pertemuan para penyihir, namun tak seperti yang lainnya, kali ini semua hanya untuk Hellboy.

Bagian Dua

Para penyihir di Inggris melanjutkan ritual mereka untuk mengikat Hellboy dan membangkitkan kembali ketiga penyihir wanita yang digantung oleh Hood.

Para penyihir wanita itu bangkit dari kuburan mereka. Hantu Henry Hood lalu muncul dan menyerang para penyihir. Hellboy berkata pada Hood bahwa mereka berada di pihak yang sama, namun Hood menolak untuk bekerjasama dengan iblis dan menyerang Hellboy. Salah satu penyihir wanita yang sudah bangkit mengulangi kutukannya pada Hood, lalu semua penyihir itu terbang pergi membawa Hellboy bersama mereka.

Berbagai jenis penyihir bergabung bersama mereka di udara, semuanya menuju perkumpulan Sabbath di Leeds. Hellboy menyuruh mereka melepaskannya, namun mereka menjawab bahwa mereka semua berkumpul untuknya. Hellboy menembak penyihir yang membawanya dan terjatuh ke bawah menerobos atap sebuah gereja tua.

Hellboy terbangun dan dikelilingi para penyihir. Mereka mengatakan padanya bahwa Igor Bromhead menangkap Hecate. Igor berusaha untuk menjadikan dirinya sendiri sebagai raja dan memanggil bulan turun, namun tak ada manusia yang mampu memiliki kekuatan seperti itu. Dengan tertangkapnya Hecate, para penyihir lalu meminta Hellboy untuk menjadi raja mereka. Hellboy menolaknya. Para penyihir menerimanya, dan bertanya apakah akan ada perdamaian di antara mereka. Hellboy berkata ia akan mengizinkan mereka untuk mengadakan pertemuan di malam hari, tetapi akan memerangi mereka ketika pagi datang. Para penyihir gemetar ketakutan ketika Hellboy pergi.

Koku
, pelayan Baba Yaga, muncul dan menawarkan untuk melenyapkan Hellboy selamanya. Para penyihir setuju, dan ketika Hellboy melangkahkan kakinya keluar dari Gereja, ia masuk ke dalam sebuah dunia yang tertutup salju. Baba Yaga berkata ia akan membalas dendam, ketika sekelompok prajurit yang telah mati muncul di hadapan Hellboy.

Bagian Tiga


Di Inggris, para penyihir membicarakan mengenai siapa yang pantas untuk menjadi ratu penyihir berikutnya. Gruagach muncul dan berkata bahwa seharusnya mereka sudah tahu siapa yang layak menjadi ratu mereka. Para penyihir takut dengan idenya, namun Gruagach menjawab bahwa wanita itu adalah satu-satunya yang takkan mengecewakan harapan mereka.

Hellboy menemukan dirinya "di luar tiga kali - sembilan lahan di dalam kerajaan kesepuluh yang ketiga kali." Sebuah wilayah yang dikuasai oleh Baba Yaga. Dengan perintahnya, sekelompok pasukan tengkorak menyerang Hellboy. Hellboy terdesak sampai ke atap, dan berlari menuju pepohonan. Sekelompok serigala raksasa berlari melewatinya dan menyerang pasukan tengkorak tersebut. Seekor serigala putih memberi isyarat pada Hellboy untuk mengikutinya lebih jauh ke dalam hutan. Serigala itu menuntunnya pada seorang tua yang duduk di dekat api unggun. Orang tua itu menjelaskan, untuk melukai Baba Yaga, ia akan membiarkan Hellboy tinggal di hutan itu untuk satu malam. Si orang tua, yang menyebut dirinya sendiri Sang Leshii, merasa bosan pada Hellboy dan berjalan menjauh, bertransformasi menjadi seekor makhluk besar bertanduk. Setelah ia pergi, ia lalu memanggil Perun, ayah dari dunia itu, untuk membantunya melawan Baba Yaga.

Hellboy terbangun tepat saat matahari terbit, dan berlari keluar dari hutan, hanya untuk melihat pasukan tengkorak yang hancur berserakan.

Sang Baba Yaga terbang melintasi dunianya menuju kastil milik Koshchei, sang Keabadian. Baba Yaga memintanya untuk membunuh Hellboy, dan sebagai balasannya ia akan mengabulkan satu hal yang paling diinginkan Koshchei, yaitu kematian.

Hellboy memasuki sebuah rumah dan berbicara dengan sesosok Domovoi, roh rumah di Rusia. Domovoi tersebut mengatakan pada Hellboy bahwa Koshchei sedang memburunya. Domovoi itu juga mengatakan bahwa Baba Yaga telah menyembunyikan jiwa Koshchei sehingga ia tidak dapat dibunuh.

Baba Yaga lalu mendatangi sang dewa badai, Perun. Baba Yaga memberitahunya bahwa ia akan menjadi satu-satunya dewa di dalam Rusia miliknya, lalu prajurit tengkoraknya pun membunuh Perun.

Bagian Empat


Gruagach dan dua makhluk supranatural lainnya, melakukan perjalanan ke dalam gua di bawah sebuah Gereja Inggris. Jauh di dalam tanah ia membangunkan seorang raksasa dan menunjukkannya sepucuk surat dari para penyihir di Inggris. Si raksasa enggan, namun akhirnya menuruti surat itu dan berjalan memasuki lubang untuk membebaskan tahanannya.

Hellboy sedang duduk di dalam rumah ketika Koshchei menghancurkan pintu. Keduanya bertarung di seluruh penjuru rumah. Hellboy berhasil mengambil pedang Koshchei dan memotong kepalanya, namun Koshchei mengambil kembali kepalanya dan menaruhnya kembali di atas bahunya. Seorang gadis kecil memasuki rumah, dan dengan menggunakan sorotan cahaya, ia memaksa Koshchei mundur. Hellboy memanfaatkan kesempatan ini untuk menahan Koshchei di tanah menggunakan pedang. Hellboy dan si gadis kecil kemudian pergi.

Gadis kecil itu menjelaskan bahwa namanya adalah Vasilisa, dan bahwa ibunya telah memberinya sebuah boneka yang bisa membantunya mengerjakan tugas-tugasnya. Hal ini membuat ibu tirinya marah, yang lalu mengirimnya untuk meminjam api dari Baba Yaga. Dengan bantuan bonekanya, Vasilisa mampu bertahan, dan telah diberikan sebuah tengkorak berisi api. Dengan cahaya yang diperolehnya dari tengkorak itu, Vasilisa menunjukkan pada Hellboy sebuah pintu yang terletak sangat tinggi di atas sebuah tebing yang bisa membantunya melarikan diri.

Pada saat itu, Koshchei menembakkan panah pada si gadis kecil dan Hellboy. Hellboy memeluk si gadis yang sekarat di lengannya. Si gadis lalu mengatakan padanya bahwa sekarang Hellboy akan bisa pulang ke rumah, dan bahwa ketika dulu si gadis masih menjadi seorang wanita tua, bonekanya memberikan dua hadiah, yaitu selembar saputangan dan sebuah sisir. Sekarang setelah ia mati, Vasilisa memberikan kedua benda itu pada Hellboy. Hellboy lalu menatap tempat si gadis kecil terbaring dan melihat bahwa si gadis sudah tak ada, hanya ada sebuah boneka kecil dengan sebatang panah yang tertancap di dadanya. Koshchei lalu memanjat naik untuk melanjutkan serangannya pada Hellboy.

Bagian Lima


Koshchei mengatakan pada Hellboy bahwa ia tak bisa mati, dan meminta Hellboy untuk membiarkan dirinya dibunuh dengan bersih dan cepat. Hellboy melemparkan sisir milik Vasilisa pada Koshchei. Koshchei menjatuhkan sisir itu dan benda itu tumbuh menjadi tegakan pepohonan yang mengurung Koshchei. Baba Yaga yang memperhatikan semua ini dari jauh, sangat marah dengan semua kejadian ini, namun ia lalu berkata bahwa sekarang Hellboy adalah miliknya.

Kembali ke Inggris, Gruagach memperhatikan sementara sang raksasa mengambil sebuah kotak berisi tubuh wanita, yang dipotong-potong oleh para penyihir. Karena tugasnya telah selesai, Sang Raksasa kembali memanjat masuk ke lubangnya dan mengatakan bahwa ia tak memiliki urusan lagi dengan apa yang akan terjadi. Gruagach lalu meninggalkan gereja dan melihat seekor burung kecil. Ia mengatakan pada burung itu bahwa tuannya harus memilih di pihak mana ia akan berada, sebab ratu baru akan segera datang. Raja Dagda melihat semuanya dari jauh, dan menyatakan bahwa para peri tak akan bisa bertahan terhadap apa yang akan datang.

Jiwa Koschei yang dimiliki Baba Yaga, tersembunyi di dalam seekor kambing, yang lalu dibawakan kepadanya. Baba Yaga meniupkan kekuatannya ke dalamnya yang menyebabkan Koshchei berkilau kemerahan karena kekuatannya bertambah dan menyuruhnya untuk membunuh Hellboy. Koshchei tidak memiliki pilihan lain kecuali menyerang Hellboy, namun ia meminta Baba Yaga untuk melepaskannya. Baba Yaga mengatakan bahwa Koshchei adalah miliknya untuk dikendalikan, lalu memberinya lebih banyak kekuatan, mengubah Koshchei menjadi seorang raksasa terkuat.

Bagian Enam


Baba Yaga memasukkan lebih banyak kekuatan ke dalam diri Koshchei. Koshchei lalu melanjutkan pertarungannya dengan Hellboy. Ketika Koshchei menjadi lemah selama beberapa saat, Hellboy mencoba untuk mencapai pintu yang bisa mengembalikannya ke dunia nyata, namun lagi-lagi Baba Yaga memberikan Koshchei lebih banyak kekuatan. Baba Yaga mencoba memberinya lebih banyak lagi, namun ternyata ia sudah menggunakan seluruh kekuatannya. Dia mengambil buah pinus di lehernya yang berisi apa yang tersisa dari jiwa Rasputin, namun Koku merampas buah pinus itu dan melemparnya ke dalam api. Koshchei melancarkan satu serangan akhir dengan melemparkan pedangnya ke punggung Hellboy. Terdesak, Hellboy menjatuhkan saputangan milik Vasilisa. Saputangan itu terjatuh ke tanah dan berubah menjadi air bah yang menyapu Koshchei menjauh. Baba Yaga merutuki kegagalannya ketika Hellboy memasuki gerbang yang mengembalikannya ke gereja di Inggris.

Hellboy berbalik, melihat hantu Vasilisa, dan keluar dari gereja. Henry Hood berdiri di pemakaman dekat gereja tersebut. Ia mengatakan pada Hellboy untuk "menyelesaikan hal itu" lalu hancur menjadi debu. Hellboy menunduk memandang pedang Hood dan melihat nama Igor Bromhead yang terukir di sana.

Hellboy lalu pergi ke Italia dan menemukan Bromhead, berwujud seperti monster dan membengkak. Bromhead mengatakan bahwa ia menelan bulan, namun tidak dapat menelan kekuatannya. Ia lalu meminta Hellboy untuk membunuhnya, dan setelah ia mati, ia melihat visi tentang Hellboy yang memimpin pasukan neraka.

Kembali ke Inggris, Gruagach membawa kotak itu melewati Raja Dagda. Dagda mengatakan padanya bahwa kotak itu hanya akan membawa kejahatan pada dunia ini, namun Gruagach tidak mendengarkan peringatannya.

Di puncak perdebatan, salah satu makhluk peri yang bersama Gruagach menusuk dan membunuh Dagda. Menyadari apa yang telah dilakukannya, peri itu lalu membunuh dirinya sendiri. Makhluk yang satunya terdiam terpaku. Gruagach memecah keheningan, ia berkata bahwa mereka akan berkabung untuk Dagda, namun saat ini adalah waktu untuk "Ratu Darah".

Epilog Satu

Kate Corrigan, Abe Sapien dan Liz Sherman menerima sepucuk surat dari Hellboy, Liz mengomentari bahwa Hellboy tidak tahu mengenai banyak hal yang terjadi di B.P.R.D. akhir-akhir ini, termasuk Ben Daimio, para katak dan apa yang terjadi pada Roger. Kate berkata bahwa Hellboy telah pergi selama enam tahun. Surat itu menjelaskan bahwa Hellboy tinggal bersama Harry Middleton. Abe mengatakan bahwa itu aneh, karena Middleton sudah meninggal pada tahun 1984. Kate mengomentari bahwa ia tidak menyukai semua fakta-fakta ini.

Epilog Dua

Sir Edward Grey, memakai jubah dan topeng, memasuki kuburan Hecate. Grey meminta Hecate untuk menceritakan padanya cerita dari sisi Hecate. Pada awalnya Hecate terlihat seperti seorang wanita cantik. Ia pergi ke Gorinium, ibukota Hyperborea. Raja Thoth mempelajari rahasia jagat raya dari tiga malaikat, namun menyembunyikannya dari rakyatnya. Hecate membunuh ketiga malaikat dan mengatakan pada seluruh rakyat mengenai rahasia mereka. Grey mengatakan bahwa orang-orang itu menggunakan pengetahuan itu untuk kejahatan, namun Hecate menjawab bahwa ia membiarkan orang-orang membuat pilihan mereka sendiri. Perbuatan Hecate ini diketahui oleh Raja Thoth dan ia mengutuk Hecate, mengubah setengah tubuhnya menjadi ular, dan memaksanya untuk hidup dalam kegelapan.

Hecate mengatakan bahwa ia akan menunggu hingga Hellboy memanggilnya. Hellboy akan tersesat selama perang yang akan datang. Hecate lalu mengatakan pada Grey bahwa Grey akan menemukan Hellboy dan bahwa Hellboy akan menyelamatkan dan juga menghancurkan Grey. Hecate juga menyatakan bahwa Grey akan menderita sebelum benar-benar mati, dan bahwa Grey akan melakukan hal jahat untuk tujuan yang baik. Hecate lalu mendoakan Grey agar sehat selalu dan mengucapkan selamat tinggal.

Kronologi Cerita

Meskipun tidak secara eksplisit, cerita ini mengambil waktu di tahun 2006. Dalam epilog satu, Kate Corrigan mengatakan Hellboy telah pergi selama enam tahun. Hellboy pergi pada tahun 2000 setelah terjadinya peristiwa di Conqueror Worm.

Galeri

Edisi #1

Edisi #2

Edisi #3

Edisi #4

Edisi #5

Edisi #6


Tata Letak

Pada tahun 2012, Duncan Fegredo mulai memasang tata letak untuk Darkness Calls. Tata Letak ini telah diarsipkan dalam website storify, bersama catatan-catatannya.
Mengenai Peralatan Seni
Edisi 1
Edisi 2
Edisi 3
Edisi 4
Edisi 5
Edisi 6

Catatan

1. Dalam 'Hellmail' edisi #6, Mike Mignola meminta maaf untuk keterlambatan edisi tersebut.
2. "Dia [Lee Bermejo] menyelesaikan edisi pertama pada tahun berikutnya [2005] namun kami telah berpisah jalan dengan Lee, dan membawa Duncan Fegredo sebagai gantinya." dari There's a Storm A-Brewin! 05/05/2010.


Sebelumnya
Darkness Calls
Berikutnya


Sebelumnya
Darkness Calls
Berikutnya

Menurut Kronologi Cerita Hellboy

Sebelumnya
Darkness Calls
Berikutnya


Footnote : This is just a translation that I do as a fan of Hellboy. I didn’t do this translation for any financial benefit. The original information was published at http://hellboy.wikia.com/wiki/Darkness_Calls. If you were related to Hellboy’s creator and this original information and want me to delete this post, please tell me at river.tsumugi@gmail.com Thank you.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar