Sabtu, 19 Agustus 2017

Conqueror Worm (story)

(Terjemahan bahasa Indonesia oleh Ryururiver)


Penulis naskah : Mike Mignola
Ilustrator : Mike Mignola
Penata warna : Dave Stewart
Penata tulisan : Pat Brosseau
Editor : Scott Allie
Pertama kali dipublikasikan dalam : Hellboy : Conqueror Worm #1-4
Penomoran Internal : Hellboy #17-20
Tanggal Publikasi : Mei - Agustus 2001
Dimuat dalam : Hellboy - Volume 5 : Conqueror Worm
Edisi Pustaka : Hellboy - Volume 3

Hellboy dan Roger menghadapi Herman von Klempt dan sebuah ancaman dari dunia lain di Austria.



Sejarah Publikasi

Conqueror Worm
pertama kali dipublikasikan sebagai empat edisi serial mini dari bulan Mei hingga Agustus 2001. Cerita ini lalu dicetak ulang dengan tambahan sembilan halaman epilog baru dalam Hellboy : vol.5 Conqueror Worm pada bulan Februari tahun 2002.

Sinopsis


Bagian Satu

Cerita dimulai dengan sebuah flashback "1939. Kastil Hunte, Austria." Lobster Johnson memimpin sebuah pasukan tentara A.S dalam sebuah penyerangan pada program ruang angkasa rahasia Nazi. Tentara Amerika tersebut tiba tepat pada saat para Nazi bersiap untuk meluncurkan roket yang membawa Ernst Oeming. Para tentara itu lalu menembak para ilmuwan Nazi dan kastil pun terbakar.

61 tahun kemudian, Thomas Manning memberi tahu Hellboy dan Roger mengenai kejadian di malam bertahun-tahun yang lalu itu. Oeming, salah satu ketua ilmuwan Nazi, terbunuh pada tanggal 1 Januari 1939, dan tubuhnya dibawa ke Kastil Hunte. Serangan pasukan tentara Amerika terjadi pada tanggal 20 Maret 1939. Hellboy menyebutkan bahwa ia pernah mendengar bahwa ini adalah misi terakhir Lobster Johnson, tetapi Manning menjawab bahwa "Sang Lobster" hanyalah seorang karakter fiksi. Ketika Hellboy bertanya apa hubungannya hal ini dengan misi mereka saat ini, Manning memperlihatkan sebuah foto satelit yang terambil oleh NASA; yaitu kapsul Oeming, berada pada jalur masuk untuk mendarat di Kastil Hunte.

Manning lalu memperkenalkan mereka pada Laura Karnstein, pemandu lokal mereka, dan mengirim Laura dan Roger keluar, sehingga ia bisa bicara secara pribadi dengan Hellboy. Manning mengatakan pada Hellboy bahwa tubuh Roger telah dipasangi bom kecil, cukup besar untuk membunuhnya. Hellboy terkejut, namun Manning berkata bahwa Roger tak boleh dibiarkan membunuh seorang pun agen lainnya, dan jika keadaan mendesak, Hellboy harus meledakkan Roger.

Laura, Hellboy, dan Roger memulai perjalanan menuju kastil. Di tengah jalan mereka bertemu seorang tua. Orang tua itu berkata bahwa kastil itu berhantu, dan ia membuka jubahnya, memperlihatkan seragam Nazi di baliknya. Hellboy memukul orang itu, namun Laura berkata ia akan mengatasinya.

Setelah Hellboy dan Roger pergi, Laura menembak si orang tua dan mendorongnya hingga terjatuh dari pagar terdekat. Orang tua itu bangkit kembali, mantelnya tertiup lepas dan menampakkan Cakar Lobster. Laura berjalan menuju kastil dan berteriak meminta pertolongan. Ketika mereka bertemu, Hellboy dan Roger diserang oleh penembak jitu, membuat Roger terjatuh dari tebing. Hellboy mencengkeramnya, namun Roger membiarkan dirinya jatuh sehingga Hellboy bisa menyelamatkan Laura. Hellboy berlari ke arah si penembak, namun hanya menemukan senjata otomatis. Ia lalu terjatuh ke dalam pintu jebakan di lantai dan menemukan dirinya berada dalam ruang bawah tanah. Seorang hantu tentara Amerika menjelaskan padanya bahwa kastil ini adalah jebakan, namun Hellboy tidak mendengarkan. Ia memanjat keluar dari lubang hanya untuk dikalahkan oleh Herman von Klempt dan salah satu Kriegaffen-nya. "Laura" - yang sebenarnya adalah cucu von Klempt, Inger - berdiri di sebelahnya dan bertanya apakah ia baik-baik saja.

Bagian Dua

Hellboy terbangun di dalam sebuah zirah bertegangan listrik, sementara von Klempt, Inger, dan si Kriegaffe berdiri di hadapannya. Von Klempt mengingatkan Hellboy tentang pertemuan terakhir mereka di Amerika Selatan dan peran kecil von Klempt setelah kebangkitan Vladimir Giurescu.

Di luar, Roger bertemu dengan Lobster Johnson. Johnson mengungkapkan identitas asli Inger, dan bahwa Herman adalah satu-satunya orang yang selamat dari bencana kastil Hunte. Keduanya lalu memasuki sebuah gua di bawah kastil dan menemukan sebuah ruangan yang dipenuhi mesin humanoid buatan Nazi. Merasakan adanya kekuatan listrik milik Roger, mesin-mesin tersebut mulai hidup. Roger lalu menyerap seluruh energi dari generator Nazi, membuat mesin-mesin itu tak bertenaga dan kastil kehilangan energi listriknya.

Dengan zirah yang tak bertenaga listrik, Hellboy mampu mengalahkan si Kriegaffe. Ketika ia bersiap pergi, ia melihat seseorang dirantai ke dinding, dengan tiga luka tembak di dadanya. Hellboy bertanya bagaimana orang itu bisa tetap hidup, dan orang itu mengatakan bahwa ia bukan manusia, ia hanya menyamar menjadi manusia. Orang itu lalu berkata bahwa ia hadir pada saat kelahiran Hellboy dan menyaksikannya di Hutan St. Leonard. Orang itu menjelaskan bahwa selama perang terjadi, entah bagaimana, Nazi mampu melakukan kontak dengan makhluk jahat kuno di luar angkasa, dan salah satunya telah menghuni tubuh Ernst Oeming yang telah mati dan akan kembali ke bumi dengan mengendarai kapsul Nazi. Ia lalu memberi Hellboy sebuah alat kecil yang mampu menjebak makhluk jahat, namun setelahnya, orang itu meninggal karena lukanya, dan berubah kembali ke wujud aslinya. Roger kemudian bertemu Hellboy, namun mereka tak menemukan sang Lobster di manapun.

Bagian Tiga

Von Klempt menyuruh Inger untuk mengenakan masker gas ketika kapal angkasa Nazi mendarat di kastil tersebut. Gas mengalir keluar dari dalam kapal dan mengubah tentara Inger menjadi monster katak yang tak berotak. Inger menyadari apa yang sedang terjadi dan melarikan diri dari landasan peluncuran, namun ia dihentikan oleh para hantu tentara Amerika.

Von Klempt menyerang Hellboy, meninggalkan Roger sendirian untuk menangani kapsul. Lobster Johnson muncul dan mengatakan pada Roger bahwa ia harus menghadapi monster itu sendirian. Beberapa monster katak melompati Roger.

Hellboy menghajar kepala robot von Klempt, menampakkan kepala aslinya yang tersimpan di dalam stoples di dalam tubuh robotnya. Kepala itu menembak Hellboy dan terbang pergi, sementara Hellboy terjatuh melewati lantai hingga bagian bawah basement. Sang Conqueror Worm lalu muncul dari dalam kapal dan melahap orang-orang yang telah bertransformasi.

Di dalam basement kastil, Hellboy menemukan peralatan radio yang digunakan Nazi untuk menghubungi Ogdru Hem di luar angkasa, bersama mayat para operator yang masih duduk di konsol mereka. Hellboy membuka kabinet dan menemukan potongan kepala yang digantung di antena - kekejaman Nazi ini digunakan untuk meniru ritual yang memungkinkan orang-orang zaman kuno untuk mampu berbicara dengan Ogdru Hem. Hellboy lalu menyatakan, tidak pada seseorang secara khusus, "Tempat ini adalah tempat yang terburuk di Bumi".

Inger menghampiri Herman dan bertanya bagaimana ia akan mengendalikan si monster. Herman menjawab bahwa tidak ada yang bisa mengendalikan si Worm. Setelah kejatuhan Reich Ketiga, dan kegagalan pada banyak rencana dan proyeknya, ia telah merasa lelah untuk mencari kekuatan, dan hanya berharap untuk menghancurkan dunia. Sang Worm akan memenuhi harapan ini, dan memanggil lebih banyak lagi dari jenisnya. Lalu ke-369 Ogdru Hem akan terbangun, dan akan diikuti oleh Sang Ogdru Jahad. Mereka lalu akan mengubah dunia menjadi "abu kehitaman". Dengan ngeri, Inger bertanya mengapa Herman melindunginya hanya untuk menyaksikan akhir dari dunia ini. Herman berkata, tidak, - masker gas milik Inger rupanya tidak melindunginya dari efek gas Sang Worm, hanya menundanya saja. Herman sebenarnya hanya menginginkan seseorang yang masih sadar berada di dekatnya untuk mendengar dan menyaksikan apa yang telah dilakukannya.

Inger lalu melepas masker gasnya, memperlihatkan bahwa ia pun telah berubah menjadi seekor monster katak, namun perbedaannya hanyalah bahwa ia masih mampu untuk berpikir dan berbicara.

Bagian Empat

Sang Conqueror Worm mencoba untuk melahap Roger, namun memuntahkannya keluar di tanah dekat Hellboy. Hellboy mencoba untuk menggunakan
peralatan alien untuk mengalahkan si Worm, namun tubuh robot von Klempt menyambar alat itu dari tangan Hellboy dan menghancurkannya. Sementara itu, Inger yang telah bertransformasi bertemu dengan Grigori Rasputin di bagian dalam kastil. Inger merasa putus asa karena mimpinya untuk membangun kembali Reich Ketiga ternyata sia-sia dihadapan sang Worm. Rasputin mengkonfirmasi bahwa sang Worm memang akan menghancurkan dunia, namun setelah penghancuran itu, sebuah dunia baru dan sebuah ras manusia baru akan terlahir, dan Inger akan menjadi yang pertama dari ras baru tersebut.

Hellboy dan Roger mencoba menghentikan sang Worm, pada awalnya tak berhasil, namun mereka mulai menyadari bahwa makhluk itu tidak menyukai listrik. Roger melepaskan energi yang diambilnya dari generator dan menyetrum si Worm. Worm itu mencoba untuk mengendalikan pikiran Roger, dan ia menyuruh Hellboy untuk menghancurkan dirinya. Namun Hellboy tidak mau, lalu kepala terbang von Klempt datang untuk mengejek mereka. Roger mengambil sebuah tangki kaca dan melompat dari tebing, lalu menghancurkan tangki dan membunuh von Klempt.

Lobster Johnson menemukan Inger dan membunuhnya, mengabaikan protes Inger bahwa ia adalah "sang masa depan!". Sang Lobster dan Hellboy lalu bergegas menuruni gunung dan menemukan Roger. Sang Lobster lalu meletakkan tongkat logam ke dada Roger dan mengeluarkan petir, yang menghancurkan Sang Worm. Hellboy dan Roger menatap ke belakang dan melihat tubuh mati Lobster Johnson yang terbaring memanjang. Hellboy, merasa jijik dengan perlakuan B.P.R.D. terhadap Roger, memutuskan untuk berhenti dari Biro itu. Ia memberitahu Kate Corrigan bahwa ia berencana untuk melakukan perjalanan ke Afrika dan setelahnya, "kemana pun angin bertiup".

Epilog

Rasputin masih berada di dalam kastil, ditemani oleh Hecate. Ia menyuruh Rasputin beristirahat, lalu keduanya membahas aksi Hecate di Kastil Giurescu (dalam Wake the Devil). Hecate lalu mengatakan ketika hari akhir datang nanti, yang akan terjadi adalah ia dan Hellboy akan menjadi penguasa di dunia baru, atau mereka berdua akan sama-sama mati. Hecate mengejek Rasputin untuk kegagalan masa lalunya dengan Hellboy, dan mengatakan bahwa Rasputin akan selalu gagal, sebab ia hanyalah hantu. Marah dengan pernyataan tersebut, Rasputin berkata bahwa ia telah dipilih oleh sang Ogdru Jahad dan bahwa ia akan membebaskan mereka. Tetapi Hecate menegaskan bahwa hanya tangan Hellboy yang mampu membebaskan mereka, dan bahwa Rasputin tak bisa mengontrol Hellboy. Rasputin kemudian hancur menjadi tulang belulang dan remuk menjadi debu. Baba Yaga mengambil serpihan kecil yang tersisa, menaruhnya di dalam buah pinus yang berongga, dan memakainya di lehernya.

Kronologi Cerita

Waktu yang tepat untuk Conqueror Worm mungkin terjadi pada tahun 2000 atau 2001. Pada awal cerita dijelaskan bahwa cerita ini terjadi 61 tahun setelah flashback awal di tahun 1939 sehingga dapat disimpulkan cerita ini terjadi pada tahun 2000, namun penyerangan pada kastil, berdasarkan The Companion, terjadi pada tanggal 20 Maret 1939, dan Conqueror Worm terjadi pada tanggal 5 Februari 2001, kedua tanggal tersebut memiliki selisih 61 tahun dan sepuluh setengah bulan. Apakah penjelasan waktu ini dibuat oleh Jason Hall untuk The Companion, dia tidak menjelaskan bulan dan harinya. Jadi, pada tahun 2000 ataupun 2001 adalah waktu tepatnya. Sepertinya cerita ini juga terjadi setelah Liz Sherman meninggalkan B.P.R.D. (seperti yang diceritakan dalam Hollow Earth), karena Hellboy hanya mengatakan pada Kate untuk mengucapkan selamat tinggal pada Abe, bukan Liz. Namun cerita mengenai kepergian Liz hanyalah sebuah analepsis. Cerita yang terjadi sebelum Conqueror Worm adalah Being Human, sedangkan cerita yang terjadi berikutnya adalah The Ectoplasmic Man.

Galeri

Edisi #1

Edisi #2

Edisi #3

Edisi #4


Sebelumnya
Conqueror Worm 
Berikutnya


Sebelumnya
Conqueror Worm
Berikutnya

Menurut Kronologi Cerita Hellboy

Sebelumnya
Conqueror Worm
Berikutnya

Footnote : This is just a translation that I do as a fan of Hellboy. I didn’t do this translation for any financial benefit. The original information was published at http://hellboy.wikia.com/wiki/Conqueror_Worm_(story). If you were related to Hellboy’s creator and this original information and want me to delete this post, please tell me at river.tsumugi@gmail.com. Thank you.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar